Dusun Beningan II

Dusun Beningan 2 merupakan salah satu dusun  yang berada pada desa bateh, kecamatan candimulyo. Jumlah penduduk di dusun ini kurang lebih 120 orang yang terbagi menjadi 42 KK. Di dusun ini terdapat beberapa usaha yang dilakukan masyarakat guna meningkatkan pendapatan sehari-harinya. Salah satu usaha yang telah lama berjalan di dusun ini yakni pembuatan kerupuk rambak dan rengginang. Sudah ada agen langganan yang selalu mengambil hasil kerupuk rambak dan rengginang dari dusun Beningan II ini.

Usaha rumah pembuatan kerupuk rambak telah berjalan kurang lebih selama 10 tahun, yakni dari tahun 2006. Untuk produksi mingguan usaha ini bisa mencapai 3.5 Kwintal hasil kering. Bila dihitung menggunakan satuan bal atau satu ikat, maka rata-rata hasil mingguan kerupuk rambak ini antara 40-75 bal. 1 bal kurang lebih berisikan hasil kerupuk rambak kering seberat 5KG. Harga jual per-bal  antara 51-52 ribu rupiah. Untuk menghasilkan produksi sebanyak 75 bal memerlukan 2 macam bahan pokok yakkni : tepung tapioka sebanyak 50Kg, Gandum 25Kg. Tidak hanya itu saja pembuatan kerupuk rambak itu juga memerlukan bumbu-bumbu sebagai penyedap rasanya.

Sedikit banyaknya jumlah produksi ditentukan dari jumlah permintaan pasar. Karena proses pengeringan masih dilakukan secara tradisional maka cuaca sangat berpengaruh dalam lamanya produksi kerupuk rambak tersebut. Lamanya Proses pemasakan per 55Kg bahan mentah memerlukan waktu selama 8 jam. Rata-rata dalam seminggu kegiatan produksi dilakukan selama 5-7 hari.

Dari informasi diatas bisa dikalkulasikan bahwa omset pendapatan mingguan dari usaha tersebut bisa mencapai 3.9jt rupiah per minggu atau 15.6jt per bulan. Bisa dikatakan usaha pembeatan kerupuk rambak tersebut tergolong sukses.