Dusun Bergola

Salah satu dusun yang berada di wilayah Kelurahan Bateh, Candimulyo, Magelang ini berada di sebelah barat laut dari Kantor Kelurahan Bateh. Dusun yang terdiri dari 99 KK ini, memiliki luas lahan kurang lebih 100 Ha (terdiri atas perkampungan dan kebun). Mayoritas penduduknya berpenghasilan dari menderes nira kelapa. Selain dari menderes, beberapa masyarakatnya juga mengandalkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari hari, misalnya buah dan kayu. Untuk kayu, rata rata penduduk menanam albasia/besiar atau yang biasa kita kenal dengan sengon laut karena harga jual yang lumayan tinggi.

Dusun Bergola dikenal sebagai salah satu dusun di Bateh yang warga masyarakatnya ramah dan religius. Dusun Bergola ini termasuk dalam RW 007 yang diketuai oleh Bapak Wahdi, dan terdiri atas RT1, RT2 dan RT3. Berikut nama ketua dari masing-masing RT :

RT 1 :   Bp. Sriyono

RT 2 :   Bp. Ngaedi

RT 3 :   Bp. Pardi

Kegiatan yang aktif dilaksanakan oleh masyarakat antara lain :

Yasinan Bapak – bapak

Yasinan Ibu – ibu

Yasinan Pemuda

Karangtaruna

Rebana

Dalam dusun Bergola terdapat beberapa usaha milik warga, diantaranya :

  1. Bengkel OMEGA

            Bengkel yang melayani jasa las, gergaji mesin, penggilingan padi keliling, dan bengkel sepeda motor ini terletak di RT1 memiliki 14 karyawan dan berdiri sejak 1992 hingga saat ini. Jam operasional dari 08.00 WIB – 16.00 WIB. Bagi anda yang membutuhkan jasa tersebut bisa menghubungi kontak person Bp. Ega 08156885036.

  1. Kelompok Tani Sari

            Kelompok tani yang berkecimpung di dunia penetasan telur itik ini, merupakan usaha bersama yang dirintis warga terdiri atas 10 orang anggota. Pada tahun ini, produksi mampu mencapai 3000 butir. Untuk yang membutuhkan bibit itik, bisa menghubungi kontak person Bp. Ega 08156885036.

  1. Gula Organik Bergola

            Di susun Bergola terdapat usaha gula organik (gula jawa) yang smampu memproduksi gula mencapai 2 kuintal tiap minggunya. Karena sebagian besar warga memang menjadikan nira kelapa sebagai mata pencahariannya.

  1. Maple Adventure

            Usaha rental alat outdoor ini merupakan usaha dari Saudara Dhanu dan Deni berdiri sejak 1 mei 2015. Alat yang disewakan antara lain :

Tenda

Kompor Portable

Matras

Sepatu gunung

Nasting

Flysheet

 

Trexpole