Dusun Ngowah

Dusun ngowah merupakan salah satu dusun yang ada di desa Bateh, Kecamatan Candi Mulyo. Saat ini(tahun 2018), dusun ini dipimpin oleh kepala dusun bapak Sumadi. Dusun ngowah terdiri dari empat RT. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat dusun ngowah bersumber dari tanaman kelapa. Masyarakat setiap pagi dan sore menderes(menyadap nira) pohon kelapa dengan cara memanjatnya, kemudian mengolahnya secara tradisional kemudian menjualnya kepada pengumpul ataupun menjualnya secara langsung ke pasar. Ada juga masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani buah durian, dimana panen buah durian ini tidak bisa rutin bulanan , hanya musiman. Pohon pisang juga banyak di tanam oleh warga dusun Dgowah, desa Bateh. Ada juga yang menanam ubi-ubian di pekarangan rumahnya,juga menanam tanaman bumbu-bumbu masakan semisal jahe, kunyit, cabe, dan lainnya.

Sebagian besar masyarakat juga beternak sapi dan kambing. Ada juga masyarakat yang beternak ayam kampung. Di dusun ngowah sendiri untuk listrik sudah teraliri dengan sangat baik. PLN sudah masuk ke dusun ini sehingga untuk penerangan desa sudah cukup baik.

Perkumpulan kesenian yang ada di dusun ngowah yaitu lestari tamtomo.  perkumpulan ini merupakan perkumpulan jatilan yang merupakan salah satu kesenian yang sering di tampilkan diantaranya yaitu saat acara 17 agustusan ,acara nikahan ,sunatan ,dan lain sebagainya.

Pada saat acara 17 agustus ,setiap RT menampilkan kesenian untuk mewakili RT nya. Juga banyak perlombaan yang di adakan untuk memperingati hari kemerdekaan tersebut. Untuk masyarakat dewasa di antaranya ada perlombaan Voli ,melewati bambu ,lomba merias ,dan lain sebagainya. Untuk anak-anak biasanya ada perlombaan di antaranya yaitu lomba balap karung,lomba lari kelereng,lomba memecahkan air,dan lain sebagainya.

Di dusun ngowah desa bateh juga memiliki 2 tempat ibadah ,yaitu mushola dan masjid. Kegiatan mengaji bagi anak-anak yang berbentuk TPQ rutin dilaksanakan setiap sore hari ba’da ashar di 3 tempat ,yaitu di Masjid ,Musholla ,dan di rumah pak Nur Rohim.

Sumber air minum yang di gunakan oleh masyarakat yang berada di dusun ngowah menggunakan sumber air minum dari mata air yang berkualitas cukup baik.

Di dusun ngowah juga rutin di laksanakan kegiatan posyandu yang biasanya di lakukan di rumah bapak kadus setiap Selasa awal bulan.

Untuk pendidikan ,anak-anak dusun ngowah kebanyakan bersekolah di SDN Pager dan MI Trenten. Untuk anak-anak SMP biasanya anak-anak bersekolah di SMP Negeri 3 Trenten. Untuk yang sudah sekolah SMA ,kebanyakan anak-anak dusun ngowah desa Bateh bersekolah di SMA 1 Candi Mulyo.